Serunya Wisata Pulau Sangiang Banten, Tanah Terpencil di Selat Sunda dengan View Eksotis!

BRENGGO TOUR > Serunya Wisata Pulau Sangiang Banten, Tanah Terpencil di Selat Sunda dengan View Eksotis!
Serunya-Wisata-Pulau-Sangiang-Banten-Tanah-Terpencil-di-Selat-Sunda-dengan-View-Eksotis

Pulau Sangiang merupakan pulau terpencil di Selat Sunda yang secara administratif masuk ke dalam Provinsi Banten. Pulau tersebut mempunyai tiga ekosistem yang mencakup hutan pantai, hutan dataran rendah, dan hutan payau. Keadaan tersebut membuat wisata Pulau Sangiang Banten menjadi populer. Sebab terdapat berbagai macam flora dan fauna yang hidup secara bebas di sana.

Daya Tarik Pulau Sangiang

baca juga: 6 Rekomendasi Wisata Bali Terbaru yang Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan

1. Terdapat Berbagai Macam Flora dan Fauna

Alam Pulau Sangiang terbagi menjadi tiga ekosistem yang mencakup hutan pantai, hutan dataran rendah, dan hutan payau. Hal tersebut membuat ada berbagai macam flora dan fauna yang bisa hidup dengan bebas di Pulau Sangiang. Adapun fauna yang bisa ditemukan di pedalaman hutan pulau tersebut antara lain biawak, landak, lutung, dan berbagai jenis ular.

Bahkan ada pula beberapa hewan yang dilindungi seperti elang laut, dara laut, hingga belibis. Floranya pun ada banyak jenis khas yang bisa ditemui, seperti cemara laut, dadap laut, waru laut, ketapang bayur, nyamplung, dan walikukun. Karang karang dan berbagai jenis ikan juga dalam keadaan yang masih terlindungi di Pulau Sangiang.

2. Gua Kelelawar

Salah satu spot yang bisa anda temukan di wisata Pulau Sangiang Banten yaitu gua kelelawar. Gua ini memungkinkan wisatawan melihat secara langsung bagaimana kehidupan mamalia terbang tersebut di dalam gua. Lautan lepas dengan gulungan ombak yang sesekali menerjang tepi gua menciptakan panorama yang unik, patut disaksikan ketika anda berkunjung ke Sangiang.

Gua kelelawar sendiri bukan satu satunya gua yang ada di Pulau Sangiang. Karena di pulau ini juga terdapat gua tungku yang menghiasi bagian tepi pulau. Diberi nama demikian karena bentuknya yang memang mirip dengan tungku. Karena sama uniknya dengan gua kelelawar, anda pun tidak boleh melewatkannya. Untuk sampai ke gua tungku, anda perlu mendaki bukit dan menuruni tebing terlebih dahulu.

3. Pantai Pasir Panjang

Ada banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi di Pulau Sangiang, salah satunya yaitu Pantai Pasir Panjang. Pantai yang ada di wisata Pulau Sangiang Banten tersebut punya pasir yang lembut di bagian tepi, sementara bagian belakangnya sedikit lebih keras dan warnanya cenderung kecoklatan.

Berpadu cantik dengan tebing tebing yang membatasinya sebagai pondasi Pulau Sangiang. Karena ombak di pantai ini relatif kecil, maka masih cukup aman untuk menjadi arena bermain keluarga. Oleh karena itu, anda pun wajib hukumnya mencoba aktivitas snorkeling atau diving untuk melihat taman lautnya yang begitu mempesona.

Serunya-Wisata-Pulau-Sangiang-Banten-Tanah-Terpencil-di-Selat-Sunda-dengan-View-Eksotis

4. Menara Pantau

Di Pulau Sangiang, terdapat sebuah menara pantau yang tingginya mencapai kurang lebih 30 meter. Menara tersebut digunakan oleh TNI AL yang bertugas di pulau untuk melihat kapal yang hilir mudik di sekitar pulau dan bagaimana keadaan lautnya. Jika berkunjung ke sini, anda bisa meminta izin terlebih dahulu untuk naik ke atas puncak menara tersebut.

5. Bukit Harapan dan Puncak Begal

Jika ingin menikmati keindahan pulau dari ketinggian, anda juga bisa menuju Bukit Harapan dan Puncak Begal. Keduanya merupakan tempat puncak di Pulau Sangiang, sehingga anda bisa melihat dengan lebih jelas pemandangan sekitar. Dari atas puncak bukit tersebut, tampak jelas bagaimana wisata Pulau Sangiang Banten menawarkan panorama eksotis yang memanjakan mata.

Ada banyak keseruan yang bisa anda temukan ketika berkunjung ke Pulau Sangiang Banten, sebab spot wisatanya sangat beragam dan tersebar di beberapa titik. Karena untuk menyeberang ke Sangiang harus menggunakan perahu dengan kapasitas 15 orang, anda dapat mengikuti paket wisata open trip dari Brenggo Tour and Travel. Dengan begitu, mendaftar seorang diri pun tidak menjadi masalah.

 

Leave a Reply